My Experience at NUS and NTU UEE (Perjalanan Seorang Pekerja Keras) feat. Tips and Books

Image result for nus and ntu
NUS dan NTU



Hey guys, nama saya Steven Andreas Chandra, saya dari Jakarta dan sekolah di salah satu sekolah di Jakarta Utara. Kalian pasti klik ke website saya antara mau cari soal UEE NUS dan NTU atau cari motivasi ya ? (Norak banget...). Oke deh sekarang saya akan menceritakan pengalaman gua saat menghadapi NTU dan NUS UEE.



Jadi bagi kalian yang belum tahu NTU dan NUS silakan search google untuk mencari apa itu NTU atau NUS. Saya akan kasitahu versi singkatnya, jadi NTU dan NUS adalah Universitas yang berada di Singapura, NUS sering dikatakan sebagai "Universitas Indonesia"nya Singapura, kalau NTU sering dianggap sebagai "ITB"-nya Singapura. UEE adalah singkatan dari "University Entrance Exam", UEE sering diartikan sebagai "SBMPTN" Universitas Singapura. Bahan UEE berupa A Level. Jika kalian ingin masuk ke salah satu Universitas yang saya sebutin. Kalian perlu persiapan yang dalam karena Bahan UEE beberapa ngga diajarkan di sekolah. Saya akan bercerita bagaimana gua mendaftar ke NTU dan NUS.

NTU dan NUS biasanya dibuka pendaftarannya pada bulan Oktober sampai Desember. Untuk NTU lebih mudah daftarnya, cuma masukkan Data Pribadi dan nilai Semester 1 sampai 4 . Nilai yang biasanya dipanggil tes oleh NTU yaitu 85 ke atas. Yang membuat NTU agak sulit yaitu harus sabar memasukkan data pribadi dan dokumen, abisnya page untuk memasukkan data pribadi sering refresh sendiri dan akan disuruh ngulang jika ngga masukin data dalam waktu yang lama. Kalo NUS data pribadinya agak rumit, walaupun hanya memasukkan nilai Semester 4. Yang membuat rumit daftar ke NUS yaitu Dokumen yang dikirim ke NUS. Kalian akan dikasitahu cara mengirimkan dokumen, mulai dari menulis nomor pendaftaran dan nama di pojok kanan dokumen hingga menggabungkan filenya ke dalam 1 folder. Nilai minimal untuk dipanggil tes NUS adalah 88 ke atas. Biasanya akan diemail oleh orang NTU dan NUS jika dipanggil, Email Pemanggilan tes NTU dan NUS biasanya dikirim pada bulan Januari.....

Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UEE, saya les A-Level di Bimbel Scholarship di Kelapa Gading. Tempat les A-Level di Jakarta ada 3 yaitu Wardaya College, de'Angelique, dan Bimbel Scholarship. Gua les dari Juni 2016 hingga Januari 2017. Keunikan antara UEE NUS dan NTU adalah jika kamu mengikuti UEE NUS, kamu dapat memilih pilihan mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan kamu. Tapi kalau UEE NTU, kamu dipilih oleh NTU mengikuti tes apa aja...(Note bahwa tes inggris WAJIB di UEE NUS dan NTU)

NUS UEE (21-22 Januari 2017)
Tes masuk NUS diselenggarakan di Hotel Grand Mercure Kemayoran di tahun ajaran saya, ada sekitar 200 anak yang ada di Grand Mercure untuk mengikuti NUS UEE. Tesnya dimulai sekitar jam 9 jadi pikiran masih fresh. Alat tulis yang perlu dibawa hanya pulpen, tip-ex, dan kalkulator sebenarnya...

Tanggal 21 Januari adalah tes fisika , soalnya 50 Pilihan Ganda dalam waktu 2 jam dan rata-rata ngga terlalu susah, tapi ada beberapa soal yang membingungkan dan petunjuk yang kurang. Saya antara 70-80 persen bisa (Lumayan lah ada harapan lolos)

Tapi tanggal 22 Januari adalah tes inggris dan matematika. Soal Inggris hanya buat essay 400-500 kata tentang Climate Change dalam waktu 2 jam, saya agak kesulitan karena topik yang cukup dalam tapi tenang saja karena ada artikel untuk essaynya. Soal Matematika ada 20 PG dan 4 essay yang dipilih secara acak (esainya ada 3 macam :Probability, Mechanic, dan Pure Mathematics), disini saya benar-benar gagal dalam tesnya karena ngga bisa buat esainya........

Mulai saat itu, harapan lolos NUS sudah sirna dan sekarang saya mengalihkan fokus saya untuk lolos ke NTU..

NTU UEE (11-12 Februari 2017)
Saya tes masuk NTU di Aula SMAK 1 BPK PENABUR Jakarta, tempatnya sih agak jauh dari rumah saya di Kelapa Gading tapi saya sering ke SMAK 1 gara-gara ikut pelatihan lomba. Ada sekitar 200 anak yang itu NTU UEE dan sebagian besar yang ikut NTU UEE saya ketemu di NUS UEE juga....(saya langsung drop karena sebagian dari mereka saya kenal dan mereka lebih pintar daripada saya). Tempat tes NTU ada 2 tempat, yaitu di SMAK 1 dan Jubilee Kemayoran. Alat tulis yang perlu dibawa adalah pensil, pulpen, tip-ex dan kalkulator

Tanggal 11 Februari adalah tes matematika dan inggris. Soal Matematika hanya 4 essay, saya sebenarnya bisa semua soalnya tapi karena waktunya hanya 2 jam saya belum kelar jawabannya (saya yakin dapat 60-70 persen). Soal Inggris ada Essay 400-450 kata tentang jika kamu mempunyai dana pemerintah apa yang akan kamu lakukan, selain essay ada 2 macam Pilihan Ganda yaitu Pilihan Ganda dari reading dan Pilihan Ganda memilih arti sebuah kata, bagian terakhir dari tes inggris adalah Cloze Passage (menebak kata). Kalo Inggris kali ini saya berserah kepada Tuhan haha..

Tanggal 12 Februari adalah tes fisika, Soalnya ada 30 Pilihan Ganda dan 4 essay. Esainya gampang (soal saya ada kinematika, efek fotolistrik, induksi elektromagnetik sama pembuktian rumus) tapi soal Pilihan Ganda-nya God Like (alias susah banget). Soal Pilihan Gandanya diluar prediksi saya.....

Aftermath
Setelah tes NTU, saya agak optimis bisa lolos ke NTU tapi di sisi lain saya ngga yakin karena ada orang yang lebih pintar daripada saya. Ada anak yang ikut OSN dan menang medali bahkan menang Olimpiade Internasional. Saya ? Hanya bermodalkan nilai yang cukup baik saat kelas 10 dan 11 serta memiliki kemauan yang kuat untuk bisa lolos.

Saya tahu diri bahwa diri saya dibandingkan dengan anak OSN agak sulit untuk bersaing, tapi di dalam diri saya ada rasa bahwa saya ada chance untuk masuk antara NUS dan NTU. Oleh karena itu saya berusaha keras, begadang sampai malam hari untuk latihan soal dan browsing di internet untuk mencari soal-soal latihan. Saya yakin bahwa kerja keras pasti ada hasilnya asalkan kita menaruh harapan kita kepada Tuhan, Tanpa ada pertolongan dari Tuhan pasti tidak akan berhasil....

Tips

  • Berdoa terus kepada Tuhan (Saya menempatkan ini yang paling pertama karena tanpa ada pertolongan dari Tuhan, maka segala hal pasti mustahil)
  • Persiapkan diri kamu (Kalo hanya berdoa dan ngga ada usaha yaa sama aja......oleh karena itu persiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk menghadapi UEE)
  • Bertanya kepada senior dari sekolah kalian masing-masing yang diterima di NUS atau NTU (bertanyalah kepada senior kalian karena informasi yang mereka berikan akan sangat bermanfaat bagi kalian)
  • Jangan putus asa (Saya yakin saat kalian belajar tentang A Level fisika atau matematika akan sangat kesulitan, oleh karena itu jangan putus asa karena orang seperti kamu itu banyak sekali...termasuk saya waktu saat di posisi kalian..)
  • Jangan terintimidasi kepada teman-teman kamu yang juga daftar ke NUS atau NTU (pasti siapapun yang daftar ke NTU dan NUS adalah anak-anak yang pintar dan sebagian anak OSN, Jangan terintimidasi oleh status yang mereka punya karena saat tes semua orang itu sama, semua orang punya peluang lolos yang sama. Taruh mindset itu ke pikiran kamu)

Books


Jadi apakah saya lolos di NTU atau NUS ?? Tunggu post saya selanjutnya yaa. Thanks yaa bagi yang telah baca sampai sejauh ini, saya harap informasi ini sangat membantu kalian semua. Terima kasih dan Sampai Jumpa.










Comments

Popular Posts